KOMPILASI KEGIATAN BPTPH PROVINSI JAWA BARAT

Informasinya para POPT dan alumni SLPHT Semoga kehadiran kami memberi manfaat dan mampu mensejahterakan petani di Jawa Barat----BPTPH JAWA BARAT -Saran masukan anda kami harapkan
Kumpulan kegiatan kami

2010-06-06

Monitoring Kegiatan Sekolah Lapang

Kegiatan Sekolah lapang PHT Tanaman Padi
Sekolah lapang PHT tanaman padi yang dilaksanakan tahun 2010 di kabupaten Karawang kecamatan lemah abang desa Pasirtanjung dengan kelompok tani sri rejeki I, dengan arahan petugas dari POPT fungsional sdra. Lukman Nulhakim ( 4 juni 2010) telah dilaksanakan dengan antusian peserta kelompok tani dengan kehadiran 100 persen jumlah laki laki berumur 40 - 50 tahun. pada tanggal 4 juni 2010merupakan pertemuan rutin yaitu hari jumat. PemanduPOPT aan surtiana dan kortikab karawang sdra. Undang dan PPL setempat, dan ketua kelompok H.ota.Lahan belajar bersama (LBB) umur tanaman 7 hst varietas ciherang, Penyusunan Rencana tindak lanjut dilaksanakan untuk selepas SL ini yaitu berupaya SL swadaya, magang pendalaman pembuatan agens hayati dan pestida nabati di Instalasi PPOPT, kunjungan ketempat kelompok tani yang telah berhasil dan merintis pembuatan laboratorium mini pengembangan agens hayati. Harapan peserta SL mereka ingin diadakan bimbingan dan binaan yang rutin sehingan mereka menjadi benar benar petani yang mandiri ahli PHT.

Sekolah lapang PHT tanaman Jagung
SL PHT tanaman Jagung untuk di wilayah Instalasi PPOPT Indramayu dilaksanakan di kabupaten Majalengka kecamatan maja desa cengal di kelompok tani Mekar muda,ketua kelompok olif abdullah, pemandu di SL ini POPT carya. dan petugas PPl setempat dan saat itu arahan oleh petugas fungsional POPT sdra Lukman . Jadwal pertemuan rutin setiap hari jumat dengan kegiatan rutin pengamatan agroekosistem pertanaman jagung di lahan belajar bersama ( LBB) tanaman jagung dan dilajutkan dengan persentasi hasil pengamatan dilapangan dan pembahasan diskusi serta pemberian materi yang terkait dengan permasalahan yang ada. Lahan tanaman jagung dengan varietas P12. Materi pokok dalam SL adalah pembuatan agens hayati dan pestisida nabati, mengingat didaerah ini tanaman mindi dan suren cukup tersedia. Jumlah peserta 25 orang- laki laki semua umur 30 -40 tahun. OPT yang dominan mennyerang pertanaman jagung dilokasi ini adalah Bulai dan penggerek tonggkol. diharapkan dengan SL ini peserta memahami dan dapat menerapkan PHt melalui prinsip PHT yaitu (1) mampu melaksankan pengamatan secara rutin setiap minggu dilahannya, (2) mampu melestarikan musuh alami yang ditemukan dilahan usaha taninya, ( 3) (3) melaksanakan budidaya tanaman sehat dan (4) Nantinya petani mandiri dan mampu menjadi ahli PHT. RTL dilaksanakan sesuai kebutuhan kelangsungan Sl dan menjawab permasalahan yang ada di daerah tersebut.

Sekolah Lapang Iklim

Sekolah lapang Iklim dilaksanan di wilayah Instalasi PPOPT Tasikmalaya tepatnya di kabupaten kecamatan Cigalontang Desa Sirna raja dan kelompok tani Mukti sejat ketua rahmat.i. Pemandu SL ini POPT sdra herman dan PPL serta dibantu oleh petugas Instalasi PPOPT. Arahan pada kesempatan itu oleh fungsional PPOPT sdr. arifani Murtajianto.yakni agar dengan adanya SL ini dapat menjawab atau menekan luas kekeringan dan banjir yang sering melanda daerah tersebut. Tanggal monitoring 4junidengan pertenuan rutin setiap jumat. Arahan menciptakan agar SL iklim dapat menekan luas terkena kekeringan dan banjir dilahan pertanian. Materi mengarahkan pada (1) Kebutuhan air selama 1 musim tanam sehingga dapat menentukan pola tanam yang di pakai, jadwal tanam dan tanaman apa yang akan di pakai, (2) Potensi air dimana air tersedia, pola hujan yang ada didaerah tersebut, curah hujan hasil pengamatan CH yang terkait dengan saat tanam, sebaran fluktuasi hujan serta (3) mampu peserta membaca informasi iklim terutama info dari BMG ( bulan basah, bulan kering) yang diinformasikan setiap bulan melalui ramalan cuaca sehingga petani dapat mensiasati-menyikapi penataan pola tanam. Peserta merjumlah 25 orang ( 7 orang peserta wanita)