KOMPILASI KEGIATAN BPTPH PROVINSI JAWA BARAT

Informasinya para POPT dan alumni SLPHT Semoga kehadiran kami memberi manfaat dan mampu mensejahterakan petani di Jawa Barat----BPTPH JAWA BARAT -Saran masukan anda kami harapkan
Kumpulan kegiatan kami

2010-06-16

SL Padi di kab. Cianjur

Sekolah Lapang PHT Padi kev. Waru doyong
Sekolah Lapang PHT Padi di kab Cianjur dialokasikan di Kecamatan Waru doyong desa Sukakarya kelompok tani Mukti hasil kunjungan pada tanggal 15 juni 2010 merupakan pertemuan ke 6 . kehadiran peserta sebanya 25 orang denga 7 orang peserta wanita. motivasi peserta sangat baik dan rasa ingin tau tentang PHT, pestida nabati dan agenshayati. Kehadiran pemandu POPT sdr wawan dibantu oleh PPL, dan pegawai desa saat itu kunjungan dan materi disampaikan oleh fungsional POPT ir. Zahmarni. LBB ditanami varietas ciherang dengan umur 47 hst. Permasahan utama peserta masih tergantung pada penggunaan pestisida kimiawi, sehingga belum sepenuhnya lepas dari hal tersebut. OPT yang sering menerang adalah tikus dan BLB . rencana tindak lanjut slepas SL adalah. magang di lab untuk mengembangkan agens hayati dan pesnab. dan sl swadaya dengan dukungan desa dan kecamatan.

Sekolah Lapang PHT Padi kec. Kebon pedes
SL PHT Padi di kecamatan kebon pedes desa kebon pedes kelompok tani lestari mandiri ketua kelompok badri. POPT nana sujana, PPL dan KCD turut hadir pada saat tgl 15/06 ,merupakan pertemuan ke 7 . Arahan diberikan oleh fungsional POPT sdri. Ir. Sri Kristianingsih. Kehadiran peserta sebanyak 30 orang dengan komposisi wanita 8 orang. semangat belajar peserta cukup baik. rencana tindak lanjut adalah magang dan terus melanjutkan SL swadaya dengan tetap dibina oleh petugas PPL dan nara sumber dari POPT hal ini mendapat dukungan dari camat. permasalah peserta menghendaki peralatan pengembang AH dan OPT yang ditemukan pada LBB adalah tungro, tikus dan BLB. Rintisan lain dilokasi ini telah ada petani pengamat binaan POPT. Selain Materi yang sudah baku juga ada muatan lokal yakni pembuatan bahan organik, MOL dan cara menghitung kebutuhan pupuk bila sudah ditambah dengan bahan organik.