KOMPILASI KEGIATAN BPTPH PROVINSI JAWA BARAT

Informasinya para POPT dan alumni SLPHT Semoga kehadiran kami memberi manfaat dan mampu mensejahterakan petani di Jawa Barat----BPTPH JAWA BARAT -Saran masukan anda kami harapkan
Kumpulan kegiatan kami

2010-07-01

Hari Krida Pertanian ke 38 di Kuningan Jawa Barat

Pameran Hari Krida Pertanian ke 38 di Linggar jati Kec. Cilimus kab. kuningan

Pameran pembangunan Pertanian tahun 2010 dalam rangka Hari Krida Pertanian ke 38 dilaksanakan di Open Space gallery lingarjati desa linggarjati kecamatan cilimus kab. Kuningan. diikuti sekitar 35 peserta pameran stand dari berbagai lingkup pertanian di pemerintah provinsi Jawa Barat. tema pameran " MENINGKATKAN PRODUKSI DAN NILAI TAMBAH HASIL PERTANIAN YANG BERDAYA SAING UNTUK MEWUJUDKAN PETANI JAWA BARAT YANG SEJAHTERA" disini ditampilkan produk produk pertanin yang berkualitas dan memiliki daya saing, selain itu teknologi pengendalian OPT dengan ramah lingkungan.diantaranya dengan apa yang disebut agens hayati dan pestisida nabati.Pengunjung datang dari berbagai instasi lingkup pertanian se Jawa Barat. Kelompok kelompok tani yang cukup berprestasi dan petugas pemberi motivasi pada kesempatan ini juga diserahkan penghargaan dari Gubernur propinsi Jawa Barat. Pelaksanaan waktu pameran dari tanggal 30 Juni sampai 3 Juli 2010 ( 3 hari ).

Gerakan Pengendalian Tikus
Upaya untuk menurunkan intensitas dan populasi tikus saat ini terus dilaksanakan guna mengurangi kehilangan hasil yang disebabkan oleh OPT ini. pada tanggal 30 Juni 2010 telah dilaksanakan gerakan pengendalian tukus di Dsa Bojongsari blok Cigebar kecamatan Bojongsoang kab.bandung. Luasan yang dikendaliakan 80 hektar varietas IR.64 dan ciherang. umurtanaman saat itu 60 - 80 hari setelah tanam. Kelompok tani yang berperan dalam pengendalian ini yakni Barujaya. Saat Gerakan pencanangan hari pertama ini dihadiri oleh kepala Dinas Pertanian kab. bandung, Kasi alat mesin, POPT, PPl dan PBT, serta staf fungsional POPT yayat hidayat dan POPT Instalasi Bandung sdra. Koswara, petugas brigade. Intensitas serangan sudah mencapai diatas 50 persen apabila tidak dikendaliakan dikuatirkan akan lebih meluas dan menyebabkan kerugian yang lebih besar. Pestisida yang digunakan adalah tiran mengingat di lokasi banyak liang aktif .