KOMPILASI KEGIATAN BPTPH PROVINSI JAWA BARAT

Informasinya para POPT dan alumni SLPHT Semoga kehadiran kami memberi manfaat dan mampu mensejahterakan petani di Jawa Barat----BPTPH JAWA BARAT -Saran masukan anda kami harapkan
Kumpulan kegiatan kami

2011-03-10

kegiatan awal tahun 2011

Kegiatan sekolah lapang PHT Tanaman Padi ini merupakan kegiatan awal tahun 2011, yang dilaksanakan di Kabupaten Ciamis. Antusias peserta sangat tinggi dengan keaktifan sebanyak 30 orang dengan komposisi 60 dan 40 persen kaun wanita. kegiatan sekolah lapang padi dilaksanakan di saung miting Sawala blok lapangan kelompok tani Trirahayu IV dengan ketua endik sumantri Desa medang layang kecamatan panumbangan kab.Ciamis. pada tanggal 10 Maret 2011 merupakan petemuan ke 2 pada hari kamis, telah secara rutin dilakukan monitoring agar pelaksanaanya sesuai dengan petunjuk yang ada.

OPEN HOUSE BB PADI SUKAMANDI SUBANG
Open House Balai Besar Penelitian Tanaman Padi (BB Padi) merupakan kegiatan diseminasi rutin yang diselenggarakan setiap menjelang panen. Kegiatan ini bertujuan antara lain menyebarluaskan informasi inovasi teknologi padi terkini dan prospektif baik yang dihasilkan oleh BB Padi maupun oleh pihak luar guna mendukung program peningkatan produksi padi, peningkatan nilai tambah produk, serta pendapatan dan kesejahteraan petani. Tim diseminasi BB Padi akan menyelenggarakan Open House MT1 pada tanggal 23-24 Februari 2011, Kegiatan ini merupakan event diseminasi inovasi teknologi padi yang paling efektif dan mendapatkan perhatian para pengguna karena tercatat pengunjung yang datang sangat antusias serta berasal dari berbagai kalangan pengguna hadir dalam Open House yang pernah dilaksanakan sebelumnya.Dalam rangka peningkatan arus diseminasi teknologi padi, BB Padi kembali akan menyelenggarakan Open House MT1 pada tanggal 23-24 Februari 2011. Open House kali ini akan menggelar inovasi teknologi padi baik yang dihasilkan oleh BB Padi, terutama berkaitan dengan varietas unggul baru (VUB) yang telah dilepas dan metode penanggulangan hama wereng coklat oleh BB Padi selama tahun 2009-2010, serta pameran inovasi teknologi padi.Besar harapan kami melalui Open House MT1, inovasi teknologi padi baik yang dihasilkan oleh Badan Litbang Pertanian (BB Padi) maupun swasta, dengan cepat sampai kepada pengguna dan diimplementasikan dalam rangka mengamankan ketahanan pangan khususnya beras, peningkatan pendapatan dan kesejahteraan petani. Pemantapan ketananan pangan, peningkatan nilai tambah produk, dan kesejahteraan petani.
       Tujuan : Open Housed Padi bertujuan antara lain:• Menyediakan dan menyebarluaskan informasi inovasi teknologi padi yang prospektif untuk mendukung program peningkatan produksi padi, peningkatan nilai tambah produk, serta pendapatan dan kesejahteraan petani.• Membangun komunikasi yang efektif antara lembaga penelitian, pelaku diseminasi dengan pengguna inovasi teknologi padi (institusi penentu kebijakan, penyuluh, petani, masyarakat, dan dengan pelaku agribisnis).• Membangun jaringan informasi sarana dan prasarana penelitian dengan pengguna dan mendapatkan umpan balik dari pengguna inovasi teknologi Balai Besar Penelitian Tanaman Padi.• Mempercepat proses adopsi inovasi teknologi padi terbaru melalui peningkatan pengetahuan dan keterampilan pengguna agar segera dapat diimplemantasikan dalam peningkatan produksi padi dan pendapatan petani
         Keluaran : yang diharapkanKeluaran yang diharapkan dari kegiatan Open House adalah:• Tersebar luasnya inovasi teknologi padi terbaru pada pengguna khususnya kepada seluruh kalangan pengguna.• Terjalinnya komunikasi yang efektif antara lembaga penelitian dengan institusi penentu kebijakan, penyuluh, petani, dan masyarakat pengguna umumnya dalam transfer inovasi teknologi padi, serta adanya umpan balik dari pengguna dengan Balai Besar Penelitian Padi untuk menentukan arah penelitian ke depan.• Teradopsi dan terimplementasikannya inovasi teknologi padi terbaru oleh kalangan pengguna, terutama petani. pemantapan ketananan pangan, peningkatan nilai tambah produk, dan kesejahteraan petani.